[tips] Robot Pencuci Pakaian



Saat ini, penggunaan mesin cuci telah sangat terkenal sebab menyelamatkan kita dari kerepotan mencuci secara manual. Meski mencuci menggunakan tangan masih dilakukan buat beberapa jenis bahan , tetapi frekuensinya telah sangat berkurang.Sebuah inovasi baru, semakin memudahkan pekerjaan membersihkan baju karena Anda tak perlu lagi menyetrika dan  melipat pakaian selesai di jemur.

Perusahaan berbasis Amerika serikat FoldiMate sudah meluncurkan robot dengan tinggi satu meter yang bisa menggantikan tugas ini.Robot tersebut akan "Memasukkan" kemeja, baju serta celana panjang kusut lalu "mengeluarkan" kembali  pada keadaan terlipat rapi dan  pula harum. Mesin ini diprediksi akan dijual menggunakan harga 700 dollar (Rp 9,3 juta) dan  850 dollar (Rp 11,tiga juta).

Buat mengerjakan tugas melipat baju-baju, mesin ini memiliki sederetan nampan yang masing-masing mampu menjepit pakaian di luar mesin. Setelah di masukkan kedalam mesin, FoldiMate akan mendeteksi jenis baju-baju tersebut dan kemudian serangkaian tangan robot mulai melipatnya.

Mesin ini pula bisa melicinkan kerutan di baju-baju menggunakan menguapinya saat akan keluar mesin. Perusahaan menjamin hanya diharapkan sekitar 10 dtk buat melipat setiap item baju dan  dapat menyimpan antara 15 dan  20 lembar pakaian di saat yg sama. Di akhir proses, baju-baju ini dilepaskan mesin dengan tumpukan rapi.

akan tetapi baju-baju berbahan lebar dan tebal tidak mampu di lipat oleh mesin ini. Walaupun konsepnya sederhana, perusahaan telah mengembangkan mesin ini dengan tim peneliti robot berpengalaman selama bertahun-tahun. Sebuah versi komersial sudah ada semenjak 2014, akan tetapi pre-order buat versi tempat tinggal   tangga direncanakan akan dirilis tahun depan. Saat ini, lebih asal 11.000 orang sudah terdaftar pada page resmi perusahaan.

ya untuk kawan-kawan yang malas mencuci pakaian , ini bisa jadi alternatif ni.

ya tapi harganya masih sangat mahal.

selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

sumber : Kompas.com



0 Response to "[tips] Robot Pencuci Pakaian"

Posting Komentar